GIZI PADA ANAK

27 12 2009

Berikut akan saya tampilkan secara ringkas sajian tentang anjuran makan pada anak. Pesan saya JANGAN DIIKUTI KALAU TERNYATA SALAH.

☼ Bayi yang berumur 0 sampai 4 bulan
– berikan ASI (air susu ibu) sesuai keinginan anak, paling sedikit 8 kali sehari, siang ataupun malam

☼ Bayi yang berumur 4 sampai 6 bulan
– Berikan ASI sesuai keinginan anak, paling sedikit 8 kali sehari, siang ataupun malam
– Beri makanan pendamping ASI 2 kali sehari, tiap kali 2 sendok makan. Makanan pendamping ASI itu adalah : BUBUR TIM LUMAT ditambah kuning telur atau ayam atau ikan atau tempe atau tahu atau daging sapi atau wortel atau bayam

☼ Bayi yang berumur 6 bulan sampai 1 tahun
– Berikan ASI sesuai keinginan anak
– Berikan BUBUR NASI ditambah telur / ayam / tempe / tahu / daging sapi / ikan / wortel / bayam / kacang hijau
– Makanan tersebut diberikan 3 kali sehari. Setiap kali makan diberikan sebagai berikut :
a. bayi usia 6 bulan : 6 sendok makan
b. bayi usia 7 bulan : 7 sendok makan
c. bayi usia 8 bulan : 8 sendok makan
d. bayi usia 9 bulan : 9 sendok makan
e. bayi usia 10 bulan : 10 sendok makan
f. bayi usia 11 bulan : 11 sendok makan
– Berikan juga makanan selingan 2 kali sehari, seperti : bubur kacang hijau, biskuit, pisang, nagasari, dll. diantra waktu makan (maksudnya adalah kalau ibu memberikan makanan yang sehari 3 kali itu waktunya pagi, siang dan malam hari, maka makanan selingan tersebut diberikan setelah makan pagi tapi sebelum makan siang dan setelah makan siang tapi sebelum makan malam). Jadi waktu/jam pemberian makanan selingan itu di kira – kira sendiri, yang jelas diantara waktu makan yang sehari 3 kali itu, biar anak tidak terlalu lapar atau terlalu kenyang.

☼ Anak yang berumur 1 tahun sampai 2 tahun
– Berikan ASI sesuai keinginan anak
– Berikan NASI LEMBIK ditambah telur / ayam / tempe / tahu / daging sapi / ikan / wortel / bayam / kacang hijau
– Makanan tersebut diberikan 3 kali sehari. Setiap kali makan diberikan sebagai berikut :
– Berikan juga makanan selingan 2 kali sehari, seperti : bubur kacang hijau, biskuit, pisang, nagasari, dll. Diberikan diantra waktu makan. Caranya seperti di atas.

☼ Anak yang berumur 2 tahun ke atas
– Berikanlah makanan seperti yang di makan oleh ibu atau bapaknya 3 kali sehari yang terdiri dari : nasi, lauk – pauk, sayur dan buah.
– Berikan juga makanan selingan 2 kali sehari, seperti : bubur kacang hijau, biskuit, pisang, nagasari, dll. Diberikan diantra waktu makan. Caranya seperti di atas.

ANAK IBU NAFSU MAKANNYA BERKURANG ?

Jika di satu pihak ibu – ibu menginginkan anaknya tumbuh menjadi seorang anak yang aktif dan cerdas, tapi di lain pihak Ibu merasa bahwa pertumbuhan putra/putrinya terasa lambat dan selera makannya kurang baik tidak seperti sebelumnya. Hal ini tentunya bukan merupakan sesuatu hal yang menyenangkan. Ibu – ibu sekalian tidak usah khawatir tentang HAL ini.

Jika anak ibu telah BERUMUR 3 – 6 TAHUN
COBALAH BERIKAN MAKANAN YANG BAIK berikut ini . . . . . .

INGAT ……. ya ibu – ibu sekalian…… CONTOH – CONTOH DI BAWAH INI hanya untuk ANAK – ANAK IBU yang TELAH BERUMUR 3 –6 TAHUN ?

Baiklah ibu – ibu sekalian, kami akan memberikan beberapa contoh makanan yang banyak mengandung sumber energi atau sumber tenaga yang sangat penting untuk petumbuhan anak tapi sedikit kandungan vitaminnya. Makanan itu antara lain : nasi, bubur ayam, mie, bubur kacang ijo.
Sekarang silahkan bagi ibu – ibu sekalian untuk mencoba mencari sumber makanan lain yang banyak mengandung energi/sumber tenaga tapi sedikit mengandung vitamin ?
Selain jenis makanan di atas, ibu – ibu juga tentunya mengetahui apa itu buah – buahan. Buah adalah sumber serat yang baik, selain mengandung vitamin (vitamin A dan C) dan mineral. Berikanlah pada anak ibu, buah-buahan yang isinya berwarna kuning, seperti : pepaya, jeruk, dll.

Apakah kegunaan dari serat, vitamin dan mineral ?
Serat ternyata sangat berguna untuk memperlancar saat kita buang air besar. Dengan kita memakan sayuran, maka kita dan anak kita akan terhindar dari kesulitan selama buang air besar. Jadi perbanyaklah makan sayuran terutama yang berwarna hijau atau yang berwarna kuning kehijauan dan juga buah-buahan yang isinya berwarna kuning.
Vitamin dan mineral sangat diperlukan oleh tubuh terutama bagi anak – anak kita yang sedang tumbuh atau dalam masa pertumbuhan.

Apakah kegunaan dari karbohidrat, protein dan lemak itu ?
Karbohidrat, protein dan lemak itu merupakan zat gizi yang penting sekali untuk untuk pertumbuhan badan.

KELOMPOK makanan yang banyak mengandung LEMAK, PROTEIN, VITAMIN DAN MINERAL

Kelompok makan yang banyak mengandung lemak, protein, vitamin dan mineral itu meliputi : tahu, tempe, ikan, susu, telur, kacang – kacangan. Jadi akan lebih baik kalau ibu – ibu sekalian memberikan kepada anak – anak ibu :
1. ikan paling sedikit 3 kali dalam seminggu
2. 5 butir telur dalam seminggu

JANGAN LUPA . . . . . . . . ! !

Jangan lupa akan lebih baik kalau ibu – ibu sekalian dapat memberikan kepada putra / putri ibu 2 – 3 cangkir susu setiap hari. Susu memberikan banyak kalsium dan fospor yang penting untuk menguatkan tulang dan gigi.

BUATLAH WAKTU MAKAN KELUARGA ANDA MENYENANGKAN

Menurut laporan, ada beberapa orang tua yang menghadapi atau mendapatkan masalah pemberian makanan kepada anak – anaknya yang masih kecil. Anak – anak mungkin menolak untuk makan atau pilih-pilih mengenai makanan, hanya memakan beberapa bentuk makanan dan menolak sisanya. Hal terbaik yang bisa ibu – ibu sekalian lakukan adalah membuat waktu makanan keluarga anda menyenangkan.

Ini ada beberapa saran dari kami tentang “Bagaimana membuat WAKTU MAKAN KELUARGA ANDA menyenangkan ”:
1. Hindari memaksa anak untuk makan dengan ancaman atau dengan bujukan
2. Hindari membicarakan makanan yang tidak dia sukai di depan anak anda
3. Berikan contoh yang baik dengan mempraktekan kebiasaan makan yang baik

HINDARILAH MAKAN YANG BERLEBIHAN . . . !!!
Kegemukan diantara anak – anak ibu merupakan sesuatu hal yang pantas ibu – ibu perhatikan. Anak yang kegemukan bisa menimbulkan masalah kesehatan dalam kehidupannya kelak di kemudian hari.
Untuk mencegah agar supaya putra / putri ibu tidak kegemukan, bantulah dia dengan membentuk kebiasaan memakan makanan yang baik ketika masih muda. Salah satunya :
1. Jangan makan yang berlebihan
2. Berikan makan yang seimbang
3. Berikan makanan kecil yang menyehatkan
4. Berikan makanan secara teratur
5. Tentukan tempat yang tepat untuk makan

bagaimana men-CIPTAKAN MAKANAN YANG DIINGINKAN
oleh ANAK ibu ?
Berikut ini merupakan salah satu cara dari sekian banyak cara yang bisa ibu – ibu sekalian coba untuk menciptakan MAKANAN YANG DIINGINKAN
oleh ANAK, yakni :

a. Libatkan putra / putri ibu dalam memilih makanan dan rencana menu makanan sehari – hari
b. Bisa juga ibu – ibu menerangkan kepadanya mengenai fungsi dari berbagai jenis makanan. Ceritakan kepadanya bahwa makan telur bisa menjadikan otot kuat, makan wortel bisa menjadikan mata sehat untuk melihat
c. Ajaklah anak ibu bekerja di dapur
d. Ijinkan anak ibu untuk membantu mempersiapkan makanan, seperti : mencampurkan bumbu pada sayur / makanan,dll. Hal ini akan membuat anak ibu lebih tertarik dengan makanan yang dia makan.
e. Bila ibu – ibu mau, ibu – ibu sekalian dapat menyiapkan makanan yang berwarna, menarik dan memberikan rasa ingin memakan terhadap sang anak.

BAGAIMANA mem-PERSIAPKAN MAKANAN
agar TAMPAK MENARIK ?

Disamping aneka dan sajian makanan, penting juga menarik minat dan perhatian anak ibu. Berikut ini ada beberapa contoh dari kami tentang “ SAJIAN MAKANAN YANG MENARIK”
a. Hindari memasak sayur –sayuran sampai lembut. Potonglah sayur – sayuran dalam bentuk yang menarik. Berikan kepada anak umi sayuran dengan warna dan bentuk yang berbeda, seperti : wortel, buncis, kangkung, bayem, dll.
b. Atur buah – buahan dalam bentuk yang menarik kerna hal ini akan membuat anak ibu lebih selera untuk menikmati rasa buah tersebut.
c. Hidangkan makanan dengan warna dan bentuk yang berbeda karena hal ini akan membuat makanan lebih menarik untuk anak ibu
d. Jangan mencampur semua makanan ke dalam 1 mangkok. Misalnya mencampur antara nasi dengan lauk dalam 1 mangkok, dll. Pisahkan jenis makanan yang berbeda dengan napan atau mangkok yang berbeda pula. Dengan cara ini, anak ibu akan mempelajari tentang makanan yang berbeda warna, rasa dan bentuknya.

APAKAH ADA MAKANAN KECIL YANG
MENYEHATKAN BADAN ?

Anak – anak yang berusia muda, KARENA DENGAN UKURAN tubuhnya dan seleranya yang kecil sangat baik kalau ibu – ibu sekalian memberikan makanan yang tidak terlalu banyak dan makanan ini dapat diberikan antara 4 hingga 6 kali dalam sehari. Oleh karena itu, makanan kecil harus banyak mengandung gizi tapi sedikit mengandung lemak, garam dan gula karena makanan kecil ini juga baik untuk memenuhi masukan gizi putra/putri anda dalam sehari.
Berikut ini contoh makanan kecil yang baik yang dapat kami contohkan (simak baik – baik …..ya …. ibu – ibu sekalian):
a. SOP kacang merah
b. kue yang berisi daging
c. buah – buahan segar
d. susu
e. jus buah
f. susu kedelai
g. roti
h. singkong rebus
i. ubi rebus.

CONTOH RENCANA MAKANAN UNTUK 1 HARI
Di bawah ini adalah contoh rencana makanan yang akan memberikan ibu suatu ide atau bayangan atau pemikiran atau gambaran makanan yang baik untuk anak ibu. Ukuran pemberian tergantung pada usia, ukuran badan si-anak, selera dan aktivitas keseharian si-anak tersebut.
Makan pagi (sarapan):
– susu
– bubur ayam
– telur dadar
Makan siang :
– nasi putih
– ikan goreng
– pisang
– air putih
– tempe
– sayur bayam
Hidangan sore :
– singkong rebus
– teh manis
Makan malam :
– nasi putih
– tahu goreng
– tumis kangkung
– telur dadar
– pepaya
– air putih
Sebelum tidur :
– susu (bila memungkinkan)
Hal – hal di atas adalah salah satu contoh saja, kalau ibu – ibu sekalian merasa kurang cocok dengan contoh rencana makan di atas ibu – ibu sekalian dapat mengubah makanan anak ibu dengan memberikan alternatif makanan dari kelompok makanan yang sama.

BANTULAH PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
ANAK IBU . . . . . . !!
Ajaklah anak ibu ke klinik kesehatan setempat selama masa pertumbuhan secara teratur. Ibu – ibu juga dapat memeriksa sendiri pertumbuhan anak ibu (tinggi dan berat badan) dengan mempergunakan Kartu Menuju Sehat atau buku Kesehatan Ibu dan Anak yang ada di puskesmas.


Aksi

Information

One response

27 12 2009
riezkyoktorawaty

artikel yang bagus… nice blog😀

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: