INFEKSI SALURAN PERNAFASAN AKUT

12 06 2009


Oleh : Dr. Abu Yasir Muhammad

ISPA merupakan singkatan dari infeksi saluran pernafasan akut. Biasanya anak yang terkana ISPA akan mengeluh pusing, seluruh badan terada sakit (Jawa, keju dan kemeng), tenggorokan terasa sakit terutama saat menelan. Setelah itu anak akan menderita batuk dan pilek dimana ingus yang dikeluarkan anak mula-mula benig seperti air lama kelamaan kental dan berwarna kuing atau kehijauan.

Bila anak ibu mengalami hal yang demikian, maksudnya ingusnya encer dan bening seperti air kalau anak itu istirahat dan makannya cukup anak ibu akan sembuh sendiri dari pileknya tanpa di beri antibiotik.

Jangan remehkan masalah batuk-pilek ini segera lapor ke Puskesmas bila anak mengalami :

  1. Batuk-pilek dengan ingus yang kental berwarna kekuningan atau kehijauan, disertai panas badan lebih dari 3 hari.
  2. Walaupun demam tidak tinggi anak tampak lemah, lesu, nafsu makan berkurang, sesak saat bernafas, nafas si anak jadi berbau busuk, suara ngorok terdengar saat si anak menarik nafas atau juga saat mengeluarkan nafas dimana hal ini tidak ada sebelumnya, anak batuk dimana kalau anak sekali batuk akan sulit berhenti (istilah Jawa, ngikil) dan tidak mau berhenti sebelum anak tersebut muntah.
  3. Batuk yang pada awalnya tidak berdahak tapi kemudian berdahak disertai panas badan yang tinggi. Anak merasakan nyeri dada saat batuk kadang disertai sesak nafas.

Bagaimana ibu mengetahui bahwa anak ibu sekarang sedang menderita sesak nafas ? Untuk mengenali apakah sekarang anak ibu itu sedang menderita sesak nafas atau tidak adalah sebagai berikut:

–         Coba ibu perhatikan apakah saat ini, anak ibu berbafas lebih cepat dari biasaya (istilah Jawa, menggeh-menggeh). Ibu harus sadar kalau saat ini si anak itu bernafas lebih cepat dari biasanya atau terlihat menggeh-menggeh, ketahuilah bahwasanya sekarang ini anak ibu sedang menderita sesak nafas.

–         Coba ibu perhatikan, Apakah si anak sekarang ini kelihatan gelisah dan si anak lebih sering duduk dari pada tidur. Kalau demikian keadaannya, ketahuilah bahwasanya sekarang ini anak ibu sedang menderita sesak nafas.

Perlu ibu-ibu sekalian ketahui bahwa seseorang yang mempunyai sakit ASTMA, astmanya dapat kambuh saat dia menderita infeksi saluran nafas.

TAHUKAH IBU TENTANG PENYAKIT ASTMA ?

Penyakit astma merupakan salah satu contoh penyakit saluran nafas. Secara mudah astma dikenali dengan suara mengi (ngik-ngik) yang kita dengar saat dia bernafas disertai dengan sulitnya si anak mengeluarkan nafas dari pada menarik nafas.

BAGAIMANA ASTMA ITU KAMBUH ?

Beberapa hal yang menyebabkan kambuhnya penyakit Astma :

  1. Infeksi saluran nafas
  2. Perubahan iklim yang mendadak (cuaca siang hari panas tapi tiba-tiba sore hari turun hujan sehingga disekitar kita jadi dingin karena hujan, dll.)
  3. Debu rumah, asap kendaraan bermotor, kapuk, bulu binatang seperti kucing, asap rokok, uap cat
  4. Makanan tertentu, seperti : putih telur, udang, kacang tanah, susu sapi, dll.
  5. Olah raga yang melelahkan, kecapaian
  6. Perubahan emosi (misalnya karena sedang gembira, dia lantas tertawa. Tertawanya itu dapat menyebabkan astmanya kambuh)
  7. Obat-obat tertentu, seperti aspirin

Tapi walau bagaimanapun, ibu-ibu sekalian tidak usah takut setelah mengetahui beberapa hal yang menyebabkan kambuhnya penyakit astma. Beberapa hal di atas insya Alloh hanya terjadi pada penderita astma BUKAN pada orang yang sehat (yang tidak mempunyai sakit astma).

PERLU IBU-IBU KETAHUI . . . . . . . .

  1. Seseorang yang mempunyai sakit astma mengapa astmanya tidak kambuh saat dia makan telur atau saat kelelahan ? Hal ini disebabkan karena faktor pencetus yang bisa menyebabkan astmanya kambuh pada orang itu bukan habis makan telur atau kelelahan tapi bisa jadi astmanya baru akan kambuh kalau cuaca di sekitarnya terasa dingin, mungkin karena sedang hujan.

Jadi di sini bukan berarti semua orang yang sakit astma tidak boleh makan telur, udang, susu sapi dan lain sebagainya TAPI kita harus ketahui hal-hal apa saja yang menyebabkan astmanya kambuh. Misalnya astmanya akan kambuh kalau dia makan telur, maka dia harus menghindari makan telur atau astmanya kambuh kalau dia kedinginan, maka hendaklah anak itu memakai selimut yang tebal kalau cuaca di luar dingin. Atau contoh lain yakni astmanya akan kambuh kalau dia kena asap kendaraan bermotor, maka kalau dia keluar rumah hendaklah mamakai masker pelindung asap kendaraan, dan lain sebagainya.

Dengan demikian kita bisa menasehati agar penderita astma menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan astmanya kambuh, dan INGAT hal-hal yang dapat menyebabkan astmanya kambuh itu berbeda-beda pada TIAP-TIAP orang.


Aksi

Information

2 responses

12 06 2009
puskesmaspajangan

yang baca blog ini kan bukan hanya ibu2, protes keras dong yang lainnya.

14 06 2009
zhaLietheng@gmail.com

Ass. Wr. Wb. wah infonya sangat berguna bagi anak bangsa, gimana kalo ditambah halaman chating supaya bisa tanya langsung dan di jawab langsung. judul setiap artikel hurufnya agar dikecilkan supaya enak dipandang. tks dokter abu.
Wassalam.

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: