TUBERKULOSIS (TBC)

5 06 2009

Oleh : Dr. Abu Yasir Muhammad

Gb Paru

Penyakit tuberculosis adalah salah satu penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tubercolosis. Penyakit ini sudah dikenal oleh masyarakat dunia sejak ratusan tahun yang lalu. Penyakit ini pertama kali ditemukan di mumi mesir kuno yang bagian tubuhnya terdapat bakteri tbc. Penyakit ini tidak hanya menyerang orang dewasa akan tetapi bisa menyerang bayi/balita/anak. Adapun khusus bayi dapat diketahui setelah anak berusia 6 bulan keatas hak ini dikaitkan dengan masa inkubasi penyakit tbc tersebut.

Bagaimanakah cara penularan tbc tersebut?
Penyakit ini ditularkan lewat butiran-butiran dahak/ludah kecil yang keluar saat penderita bersin atau batuk. Sesuai dengan patofisologi penyakit ini, bahwa yang menularkan ke orang lain adalah penderita dewasa bukan pada anak atau balita.

Bagaimanakah cara mengenali penyakit ini ?
Sebenarnya untuk menentukan apakah seseorang itu menderita penyakit tbc atau tidak, bisa diketahui dari 3 kondisi yakni:
• Kondisi klinis (gejala fisik yang diderita pasien)
• Kondisi radiologis (hasil foto rontgen : foto dada)
• Kondisi labolatoris (hasil pemeriksaan darah)

Beberapa kondisi klinik (gejala fisik yang diderita pasien) pada dewasa :
a. Batuk berdahak yang lamanya lebih dari 2 minggu. Saat batuk biasanya dahak katutan darah, walaupun tidak setiap batuk darah adalah tbc. Batuk adalah gejala utama dari penyakti tbc jadi jangan sepelekan batuk bagaimanapun keadaannya.
b. Badan terasa lemah lesu
c. Secara fisik walaupun tidak selalu penderita tampak kurus.
d. Kalau sudah berat bisa disertai sesak nafas dan saat batuk dada terasa sakit.

Beberapa kondisi klinik (gejala fisik yang diderita pasien) pada anak :

a. Berat badan sulit naik walaupun sudah diberikan vitamin penambah nafsu makan)
b. Anak sulit makan (tidak ada nafsu makan)
c. Keringat malam (saat anak itu tidur kepalanya basah karena keringatan)
d. Anak mudah sekali batuk-pilek kurang lebih setiap bulan sekali
e. Saat terserang batuk-pilek, kadang kala sembuhnya lama
f. Kondisi fisik anak tampak kurang sehat

Kondisi radiologis (hasil foto rontgen : foto dada) dinyatakan orang tersebut menderita sakit tbc

Kondisi labolatoris (hasil pemeriksaan darah) : dinyatakan orang tersebut menderita sakit tbc yakni dengan adanya peningkatan limfosit dan laju enap darah (LED). Pada anak lebih banyak limfosit yang naik, tapi kalau pada dewasa limfosit dan LED meningkat bermakna.

Penyakit tbc ternyata tidak hanya menyerang organ paru – paru kita, tapi dapat menyebar ke semua organ tubuh (tulang, kulit, otak, ginjal). Ternyata banyak juga ya jenis penyakit tbc ini, selama ini kan kita hanya mengetahui bahwa tbc identik dengan batuk berdarah. Beberapa jenis tbc ini pada pokoknya berawal dari penyakit tbc paru yang tidak diobati akibatnya kuman penyakitnya menyebar ke seluruh tubuh lewat saluran darah dan kelenjar limfe

Bagaimana cara mencegah penyebaran penyakit ini ?
Bisa dengan memperbaiki sikap dan perilaku hidup kita, antara lain :
– menutup mulut saat batuk,
– sedapat mungkin kita harus mengetahui tidak hanya hafal tentang gejala/tanda penyakit ini sehingga kalau kita mendapatkan salah satu gejala seperti tersebut di atas baik pada diri kita sendiri maupun orang lain segera bisa mengambil tindakan yang tepat. Dalam hal ini melaporkan ke petugas PUSKESMAS !!!!!,
– memperhatikan lingkungan sekitar kita jangan membiarkan lingkungan sekitar kita terasa lembab, karena bakteri tbc akan lebih lama hidup disekitar kita manakala lingkungan sekitar lembab.

Bagaimana gambaran pengobatan tbc ?
Secara umum pengobatan tbc adalah pengobatan berjangka waktu dengan metode DOTS (pengobatan jangka pendek dengan pengawasan ketat). Walaupun pengobatan tb berjangka waktu pendek, akan tetapi pendeknya waktu pengobatan tb minimal 6 bulan dibagi dalam 2 fase yakni fase intensif dan lanjutan. Fase intensif ada yang 2 atau 3 bulan tergantung jenis penyakitnya. Dinamakan fase intensif karena waktu 2 atau 3 bulan pertama adalah waktu penting dimana fungsi pengobatan ini adalah untuk mematikan kuman tbc. Sedangkan pada fase lanjutan yang lamanya 4 sampai 5 bulan berguna agar jangan sampai terkena penyakit tb untuk kedua kalinya.
Memang kalau dihitung – hitung biaya untuk pengobatan 1 orang penderita dewasa bisa mencapai 1 juta, tapi kita tidak usah khawatir karena di puskesmas kita berani melakukan pengobatan tbc gratis karena obatnya sudah di subsidi oleh pemerintah.

KESIMPULAN
a. Penyakit TBC adalah penyakit menular yang berbahaya karena dapat menyebabkan kematian.
b. Penyakit TBC adalah penyakit menular yang menyerang semua orang baik yang miskin/kaya, tua/muda, laki-laki/perempuan, dewasa/anak-anak, dll.
c. Penyakit TBC adalah penyakit menular yang tidak hanya menyerang paru – paru tapi bisa juga organ tubuh yang lain.
d. Jenis penyakit tbc yang menular adalah tbc pada orang dewasa dan tbc paru.
e. TBC adalah penyakit menular yang dapat dicegah penularannya dan dapat disembuhkan


Aksi

Information

One response

5 06 2009
puskesmaspajangan

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yth. dr. Abu Yasir Mh.

Untuk menyembuhkan TBC apa cukup dengan pengobatan saja, atau ada hal lain yang perlu diperhatikan pasien ?. Kalau ada apa saja mohon dijelasakan di tulisan berikutnya. Tks.

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: