TEKNIK MENGELUARKAN DAHAK

2 01 2010

Oleh : Dr. Abu Yasir Muhammad

Penyakit TBC pada orang dewasa identik dengan batuk yang lama dan bersifat produktif (berdahak banyak). Akan tetapi tidak semua TBC selalu dapat mengeluarkan dahaknya secara baik. Berikut kiat – kiat agar seseorang (khususnya penderita TBC) bisa mengeluarkan dahak yang efektif. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar supaya proses mengeluarkan dahak bisa efektif, antara lain : pemanasan, terapi latihan dan postural drainage.

  1. Heating (pemanasan). Pemanasan bisa dilakukan berolah raga sebelum mengeluarkan dahak. Fungsi dari pemanasan adalah mengurangi kekakuan otot dan meningkatkan metabolisme.
  2. Terapi latihan, cara ini bisa dilakukan dengan latihan pernafasan. Latihan pernafasan dapat dilakukan cengan 2 cara, yaitu:
    1. Latihan pernafasan dada
    2. Latihan pernafasan perut, yaitu pernafasan dengan diafragma

Ad.1. Pada latihan pernafasan dada yang mengembang adalah dadanya, sedangkan pada latihan pernafasan perut yang menggembung adalah perutnya. Latihan pernafasan dada atas kita lakukan dengan kedelapan ujung jari tangan ada di bawah tulang selangka atau clavikula yakni di atas tulang dada. Latihan pernafasan dada tengah dilakukan dengan melipat tangan sebatas phalang proximal kedalam kemudian kita taruh di bawah ketiak, caranya seperti di atas. Adapun latihan pernafasan dada bawah dilakukan dengan cara meletakkan tangan kita yakni jari kelima kanan – kiri kita taruh di batas tulang dada sebelah bawah. Metode latihan pernafasan dada dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Penderita berkonsentrasi menggerakkan seluruh otot dada kearah depan, dapat dikontrol dengan meletakan tangan diatas tulang dada sesuai dengan segmen mana yang akan dikembangkan.
  • Pada saat menarik nafas, tangan mengikuti gerakan dada yang mengembang
  • Pada saat menghembus nafas, tangan membantu menekan rongga dada agar mengempis.

Ad.2. Latihan pernafasan perut, caranya hampir sama yaitu dengan menarik nafas dengan cara menggembungkan perut kita. Ingat ! jangan sampai dada kita ikut mengembang saat kita menarik nafas. Kedua telapak tangan, kita posisikan tumpang tindih dan diletakan di atas pusat. Saat udara kita hembuskan lewat mulut bersamaan dengan mengempisnya perut, kedua telapak tangan ikut menekan perut kita. Saat kita akan mengeluarkan dahak, pola pernafasan yang kita gunakan adalah diafragma, adapun langkah – langkahnya adalah sebagai berikut : Metode Latihan pernafasan Perut

  • Penderita berkonsentrasi menggerakkan seluruh otot dinding perut kearah depan, dapat dikontrol dengan meletakan tangan diatas perut
  • Menggabungkan gerakan kearah depan dari otot dinding perut bagian atas dan gerakan kesamping dari tulang rusuk bagian bawah.
  • Penderita harus mencoba merelaksasikan otot dinding perut, dengan cara : atur posisi penderita, yakni bisa dengan duduk dengan kedua telapak tangan menumpu di atas lutut. Saat menumpu rasakan bahwa tangan kita merasa berat karena menahan bobon tubuh kita. Atau bisa kita lakukan dengan tidur setengah duduk, tidur miring atau tengkurap seperti pada saat postural drainase. Apabila penderita tidak dapat melakukan hembus nafas dengan kuat, pada saat batuk dapat diberikan bantuan oleh petugas dengan cara menempatkan tangan diatas diafragma dan menekan selama fase hembus nafas. Setelah itu lakukan kegiatan seperti di bawah ini (latihan batuk) :

Tarik nafas perlahan dan dalam menggunakan diafragma lewat hidung → tahan nafas sebentar → kemudian penderita disuruh mengkontraksikan otot perut sambil mengeluarkan nafas dengan dibatukan. Batuk dilakukan sebanyak 2 kali dengan mulut terbuka. Pengulangan batuk sebaiknya dilakukan 2 – 3 kali.

  1. Postural Drainage, merupakan suatu cara untuk membersihkan saluran nafas dari secret/dahak yang berlebihan. Teknik ini bisa dilakukan dengan
  • Penderita ditempatkan pada posisi yang sesuai untuk pengaliran dahak suatu lobus atau segmen paru – paru tertentu. Semisal dahak penderita banyak terkumpul di dada sebelah kiri bawah, maka kita posisikan penderita untuk berbaring dalam posisi miring kekanan dan badan menurun ke bawah. Atau untuk tidur miring ke kanan manakala dahak banyak terkumpul di sisi paru kiri.
  • Biarkan penderita pada posisi tersebut selama 10 – 15 menit
  • Pada posisi tersebut penderita diberikan latihan pernafasan dan batuk
  • Penderita dikembalikan pada posisi duduk dan disuruh latihan batuk.
Aksi

Information

49 responses

12 06 2009
Hj. Adinda Azzahra

Pak Dokter mo nanya neh…kalo boleh diluar topik….merawat kecantikan wanita yang baik menurut Islam. Gimna seh???

14 06 2009
dawaa

dengan mengikuti sumua tuntunan yang telah diajarkan oleh rasulullah sholallahu ‘alaihi wasalam insya allah kecantikan yang alami dan islami yang sudah lama ibu sangat idam-idamkan akan segera terwujud

23 05 2010
imah

dokter..
d tenggorokan saya ada lendir(bukan krna batuk)
itu nama yg dok??
rasanya bau dan memang mngakibtkan bau mulut..
ada obatnya ga dok ya???
atau saya hrus priksa k tht???

28 05 2010
dawaa

Lendir di tenggorokan itu bisa disebabkan anda terkena alergi akan tetapi kalau sudah mengganggu dalam artian sudah menimbulkan bau, berdarah dsb maka anda harus ke dokter THT untuk mencari tau penyebab bau dan asal dari lendir tersebut. Terima kasih – semoga bermanfaat

25 11 2010
tdie

dok saya punya masalah dgn dahak atau lendir,dulu saya kena paru2 basah tpi setelah sembuh saya mendapatkan dahak n kental dan padat tpi keluarnya jarang2 kalo mw di keluarkan aku harus paksa n trkdang terasa di tenggorokan,thanx

25 01 2011
dimas

Tanya dong dok =
1. Dahak itu asalnya dari apa ?
2. Mengeluarkan dahak dengan cara gurah apa aman dari sisi medis ?

4 03 2011
dawaa

1. dahak itu berasal dari lendir saluran nafas yang diproduksi terlalu banyak dengan sebab ada infeksi/iritasi/dll di saluran nafas
2. untuk cara pengeluaran dahak dengan teknik gurah wallahu a’lam saya belum tahu keamanan dari sisi medis. adapun bagi penderita batuk yang sulit sekali mengeluarkan dahaknya bisa menggunakan jasa ahli fisioterapi

1 02 2011
erman

>imah : iya pa betul dokter sprti kasus mbk ima?
mbk imah? apa lendirnya mengental /membatu berwarna kuning ?bentuknya butiran2 kecil yang menempel di tenggorokan?dia memeng sangat bau!!!!!menurut saya kok dahak yang gak keluar ters menempel disitu pada bag lipatan/lekukan.dan mengeras>>>>JADILAH BAU MULUT

18 02 2011
chikas

saya seorang penderita Tb tapi saya sulit mengeluarkan dahak.berbagai cara sudah saaya lakukan.bagaimana saran dokter…/????

4 03 2011
dawaa

berusahalah semampunya untuk mengeluarkan dahak. kunjungi ahli fisioterapi untuk membantu anda mengeluarkan dahak. dan jangan lupa tetap berdo’a minta kesembuhan hanya kepada Allah Subhanahu wa ta’ala

18 02 2011
mirna

ass.
sebenarnya apa ceh yang dimaksud dengan dahak dok…???

4 03 2011
dawaa

dahak adalah cairan yang keluar saat batuk. bisa berwarna merah, kuning, hijau atau putih. yah warnanya hampir menyerupai dengan trafic light gitu. warna dahak yang keluar bisa jadi menunjukan jenis dari infeksi saluran nafas yang diderita..

8 10 2011
dawaa

lendir berlebihan yang ada pada saluran nafas. biasanya muncul saat kondisi badan tidak sehat

30 03 2011
ANDRE

Dok, saya sudah batuk berdahak selama 3 minggu. batuk muncul bersamaan dengan adanya lendiran dahak. dahaknya encer dan gatal (tidak terlalu kental). sebelumnya saya jarang mengeluarkan dahak. saya sudah periksa BTA (dahak) hasilnya negatif. ini penyakit batuk apa dokter.
saya laki2 umur 29 tahun, sudah menikah dan merokok 7 batang 1 hari.

8 10 2011
dawaa

batuk lama penyebabnya ada bermacam – macam bisa karena infeksi jamur, asap kendaraan bermotor, merokok, mekanisme alergi, hawa dingin, infeksi bakteri selain TBC, dll. untuk awalnya bagi semua perokok harus menghentikan merokok, (2) kalau memang batuknya mengganggu maka bisa di rongent dadanya untuk mengetahui kondisi paru – paru kamu. untuk point kedua ini ada baiknya minta saran dokter yang memeriksa anda.

22 05 2011
irma

dok,saya mau tanya…
tenggorokan saya banyak dahak tapi bukan karena batuk, juga tidak ada bau kalo tidurpun sampe ngorok keras banget..buat nafas juga terasa ada dahaknya,
minta solusinya ya dok, obatnya juga apa??trimakasih..

8 10 2011
dawaa

dahak kebanyakan keluar saat yang bersangkutan batuk akan tetapi kalau ada dahak yang keluar bukan karena batuk bisa disebabkan karena ada iritasi atau proses alergi. untuk kejelasannya coba anda cari tahu penyebanya dengan menemui dokter ahli THT

13 06 2011
fahlevi

dok.. saya adalah penderita astma.. setiap 2 bulan sekali sya selalu sakid.. bagaimana cara penyembuhan agar tidak kambuh lagi??? terima kasih

1 08 2011
yohanes

dok saya mengalami batuk berdahat tapi dahak nya tidak terlalu kental tapi susah untuk keluar nya cara untuk mngeluarkan dahat nya bagaimana dok

8 10 2011
dawaa

anda bisa menemui ahli fisioterapi untuk membantu mengeluarkan dahak anda yang sulit keluar.

8 08 2011
Don

dok, ibu saya (50 tahun) terkena asma sudah 25 tahun hingga lama2 muncul lendir pada saluran pernapasan yg menyebabkan asma ibu saya semakin kambuh (dari batuk karena gatal menyebabkan serangan asma sering terjadi). Kira-kira penanganannya seperti apa? mengeluarkan dahaknya dlu atau langsung ke asmanya?

8 10 2011
dawaa

kalau memang batuk ibu kamu itu terkatagori batuk karena astma maka karena penyakit astma itu disebabkan karena proses alergi maka segala sesuatu yang bikin astma ibu kamu kambuh harus dihindari seperti : cemas, capek, marah, tertawa yang lepas, sedih, makanan yang bikin kambuh, infeksi saluran nafas, debu, asap kendaraan bermotor, dll. PENANGANANE : (1) kalau ibu kamu sering batuk berdahak maka tidak ada salahnya mengecek dahaknya di laboratorium untuk cari tahu apakah di dalam dahaknya itu mengandung kuman yang berbahaya apa tidak. (2) bagi penderita astma maka saat ada serangan akan muncul lendir di saluran nafas maka dalam kondisi seperti ini bila sesak nafasnya dapat tertangani dengan misalnya obat maka saat itu lendir yang ada di saluran nafas akan berkurang.

27 09 2011
titin

dokter,,,saya mau tanya
oleh karena saya tidak bisa mengeluarkan dahak sehingga pemeriksaan infeksi paru yg saya alami masih terdapat keraguan
di lihat dari ronsen br pneumonia tp pengobatan tdk ada prubahan
kemudian menggunakan tes alergi menunjukkan positif TB,,,bagaimana menurut dokter?
dan apa yg harus saya lakukan untuk dapat mengeluarkan dahak yg sulit sekali…membaca artikel di atas saya masih kurang paham dalam penerapannya…
trima kasih

8 10 2011
dawaa

wallahu a’lam. Setahu saya, bagi seorang penderita dewasa yang mengalami batuk lama (lebih dari 2 minggu) maka tidak ada salahnya melakukan cek apakah si penderita menderita batuk yang masuk dalam katagori penyakit TBC. untuk mengetahui apakah penderita menderita penyakit TBC apa tidak dilakukan dengan pemeriksaan dahak kalau hasil negatif dan masih batuk terus maka untuk mencari sebab batuk tersebut bisa dilakukan dengan pertolongan rongent. bila hasil foto rongent curiga ke arah TBC maka akan diobati dengan obat TBC dan ini nanti akan dievaluasi selama 2 bulan pertama. kalau sudah 2 bulan pengobatan kok batuknya tidak sembuh-2 maka harus di evaluasi apakah si penderita mengalami batuk oleh karena bakteri TBC apa karena sebab lain. untuk membantu mengeluarkan dahak maka penderita bisa minta tolong ahli fisioterapi untuk membantu mengeluarkan dahak yang sulit keluar.

9 10 2011
titin

saya disarankan untuk tes dahak untuk lebih meyakinkan, namun karena saya sendiri tidak bisa mengeluarkan dahak sehingga tidak dapat dilakukan tes dahak. trimakasih dok

19 12 2011
dawaa

coba anda kunjungi ahli fisioterapi untuk membantu mengeluarkan dahak anda.

28 10 2011
dinda

ass..dok sya seorang perokok sudah 3 tahun.. 2 bulan terakhir ini ada dahak ditenggorokan dan tdk batuk yang susah keluar sampai terasa agak sesak nafas klo mau tidur..saya sudah minum bisolvon syrup tp dahak tdk hilang juga..mohon saran dr dokter..trimakasih..

13 11 2011
Sarah

sya perempuan usia 25 tahun. 10 bln lamanya dahak terasa di tenggorokan bahkan akhi2 ini sampai terasa menusuk ampe ke belakang.bagian atas.agak terasa hilang sakit belakangnya kalau di pijat agak keras.
dahaknya itu putih seperti sagu dan keluarnya cuma sdikit sedikit.
saya ingin dahak di tenggorokan keluar semua.apa ada obatnya dok?
dan apakah dahak itu yg menyebabkan belakang saya sakit?
minta solusinya dok!

19 12 2011
dawaa

10 bulan terus – menerus mengeluarkan dahak yang tidak wajar disertai dengan sakit kepala adalah waktu yang sangat lama & melelahkan. dahak bisa keluar banyak itu bermacam – macam penyebabnya. saran saya cek dahak anda di laboratorium untuk mengetahui ada tidaknya kandungan kuman di dalam dahak anda sekalian diperiksa darahmu untuk mengetahui ada tidak yang mengarah ke infeksi saluran nafas,dll. obat nanti menyesuaikan penyakit yang mungkin didapat dari 2 pemeriksaan di atas (dahak dan darah). selanjutnya apakah dahak bisa menyebabkan sakit di belakang kepala? saya kira secara tidak langsung bisa saja terjadi yakni dengan banyak mengeluarkan dahak otomatis kepikiran mengapa sakit ini tidak sembuh – sembuh sehingga menyebabkan pusing/pening di kepala. Obat herbal yang bisa di telaah adalah minyak habatus sauda’.

3 12 2011
nabila

ass , dok saya mau tanya ni , cara ngilangin dahak di tengorokan degan cepat bagaimana ?
soalnya saya tergangu dengan suara saya dok

19 12 2011
dawaa

dahak yang berlebihan yang keluar dari dalam tubuh seseorang itu merupakan hal yang tidak wajar. saran saya coba dites dahaknya dahulu itu mengetahui ada kandungan kuman/tidak di dalam dahakmu dan cek darah. kalau ternyata bersih, maka coba anda ingat – ingat apakah kamu menderita alergi apa tidak… ada kalanya bagi penderita alergi maka akan muncul dahak yang berlebihan disertai batuk dan sesak nafas.

4 12 2011
hari

dok,saya mau tanya,saya ingin cek dahak,tapi dahaknya tidak keluar2,bagaimana caranya dok?

19 12 2011
dawaa

coba anda kunjungi ahli fisoterapi untuk menolong anda dalam hal mengeluarkan dahak yang susah

23 12 2011
fauzi

Dok, sy mau tanya dahak saya keluar secara terus menerus dan sring lengket di tenggorokan,saya mau tanya apakah penyakit tsb ada kaitan dengan sinusitis saya.????

2 04 2012
dawaa

wallahu a’lam bisa jadi hal ini memang ada hubungane dg sinusitis saudara. cek dahak anda di laboratorium terdekat.

3 01 2012
Akhmal Peezee Infraction

ass, dok sama mau tanya.
dlu sama punya pnyakit asma, alhmdllh sudah 1 thun lbih jarang trkena asma tetapi smenjak saya tidak asma, saya sring mngeluarkan dahak (stiap hari) dok. dan jika dahak itu tidak saya kluarkan, asma saya pasti kambuh lagi.
prtanyaan saya, apa kah berbahaya bila sering mengeluarkan dahak?
terima kasih dok.

2 04 2012
dawaa

wallahu a’lam. setahu saya dahak itu kotoran yang ada di saluran nafas sehingga kalau keluar “dari sisi medis” tidaklah membahayakan bg ybs. cuma kita sebisa mungkin mengetahui apa ada bakteri tertentu dll yang terkandung di dalam dahak tsb. saran saya di cek aja di laboratorium dahakmu tersebut.

5 03 2012
Siti Julaeha

Assalamualaikum dok,
saya salah satu mahasswi di universtas Bandung, 1 minggu ni kulyah saya off karena dahak yang sangat gatal dan sering bikin mual klo ga kluar 2hari yang lalu saya jga btuk darah, sblumnya jg saya pernah drawat karena radang paru-paru.blum smbuh dahak kuping sblah kanan saya sakit,dan badan saya da bercak-bercak merahnya.
itu knapa ya dok?

2 04 2012
dawaa

wa’alaikum salaam.untuk mengatasi permasalahan yang saudari alami maka berdo’alah meminta kesembuhan kepada Allah subhanahu wa ta’ala semata. selain itu saudari juga berusaha untuk mengecekan darah (cari tahu penyebap munculnya bercak merah) dan dahak (cari tahu penyebap radang paru anda)anda di laboratotium. wallahu a’lam.

14 03 2012
krisnawati

bagaimana cara ngobatin batuk yang sudah lama ga sembuh2

2 04 2012
dawaa

ya di cari tahu dulu apa penyebape kok bisa batuk lama. saran saya kunjungi dokter untuk berobat.

16 03 2012
okyy

dok mau tanya..saya ada batuk ada lendir…kdg ada warna coklat n kdg sedkit darah..lalu difoto..ada flek..apa itu tb atau cuma flek paru biasa…?apa bedanya ya..? saya dikasi antibiotik lenofloxacin…5 hari..1 hari 1…dicek lagi ktnya uda gpp…
tapi ko telapak tangan n kaki msh terasa dingin…knapa ya…apa dahak atau lendir msh ada di paru../saya dikasi obat simucin n vit…ktnya utk memperlancar dahak keluar../ tpi apa emg agak susah keluarnya ya.n butuh wkt lama..? makasi yach

2 04 2012
dawaa

flek itu bahasa umumnya kotoran yang menempel pada sesuatu bisa barang/pakaian/organ tubuh dll. kalau tbc itu penyakit yang disebabkan karena bakteri m.tbc. untuk membedakan itu infeksi paru karena bakteri m.tbc dan selaine maka perlu di cek dahaknya di laboratorium dan ini berguna disaat pengobatan. dan kalau badan saudara masih tidak fit maka bisa dilakukan cek darah rutin dan cek dahak tersebut untuk membantu mengatasi permasalahanmu tsb.

1 04 2012
asepspda

kalo saya selalu banyak dahak ketika habis makan,gimana cara mengobatinya?apa nama obatnya?

1 04 2012
Asepsp

Dok, saya kalo sudah selesai makan, makan apa saja selalu banyak dahak.apa penyebabnya (penyakitnya) dan apa nama obatnya.mohon jawaban.terima kasih.

2 04 2012
dawaa

untuk mengetahui kondisi internal dahak saudara maka solusine adalah cek dahak anda di laboratorium agar diketahui apakah ada unsur tertentu seperti bakteri dll yang terkandung di dahakmu. dan ini nantine diperlukan saat dilakukan pengobatan.

19 06 2013
quiinwu

Assalamualaikum..
Dok sy sdh hmpr 1bln berdahak dan sulit utk mengeluarkan dahaknya..terkadang sk merasa sulit menelan makanan sm air liur.dan sy suka sesak nfs.tp sy tdk batuk dok,skt apa ya sy dok?˚˚°º♥tнɑ♌K y☺ü♥º°˚˚

3 09 2013
dewi mulyasari

assalamualaikum
dok saya mau tanya, ahli fisioterapi itu klinik khusus atau ada di klinik biasa? kira2 kena biaya berapa ya? saya dr kecil tidak bisa mengeluarkan dahak
skrg umur saya 20th stiap batuk tidak bisa mngeluarkan dahak.saya paksa malah terasa sakit dibagian dada sampai perut.(3)apakah ada obat yg bsa diminum untuk mudah mengeluarkan dahak?? trmkasih mohon jawabannya untuk 3 pertanyaan saya
wassalam

14 11 2013
sehathemat

wa’alaikum salam. ya klinik fisioterapi ada di rumah sakit tapi ada juga yang buka praktek pribadi. mengenai harga bervariasi

Silahkan Berkomentar

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

